Bimtek Pertambangan dengan materi diantaranya Mekanisme Evaluasi Dokumen AMDAL Pertambangan Di Daerah, Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Tata Cara Perhitungan Royalti Mineral dan Batu Bara, SCM dan Strategi Inventory Control and Warehousing dan beberapa materi lainnya.

Materi bimtek tersebut merupakan bagian dari pelatihan Pertambangan tingkat nasional yang diadakan oleh PT. Pelatihan Nasional Indonesia (PELNASINDO). Sebagai penyelenggara pelatihan, training, bimtek, diklat dan sosialisasi dalam mendukung program-program pemerintah republik Indonesia.

PELNASINDO selain mengadakan pelatihan bidang Pertambangan, juga melayani kegiatan Bimtek/Pelatihan BUMN / BUMD / Perusahaan Swasta, Tata Ruang, Pertanahan, Perencanaan & Pembangunan Daerah, Penanaman Modal & OSS RBA, Pemerintahan & Pelayanan Publik, Pengadaan barang dan jasa, Perpajakan, Kepegawaian dan beberapa bidang lainnya.

Materi Bimtek Bidang Pertambangan

Selain materi dibawah ini para peserta pelatihan, bimbingan teknis bidang Pertambangan dapat mengajukan permintaan materi lain, sesuai kebutuhan peserta maupun instansi terkait.

Berikut beberapa materi pilihan bidang Pertambangan dapat dipilih oleh masing-masing peserta bimtek.

  1. Manajemen Lingkungan Pertambangan (Good Mining Practice)
  2. Tata Cara Audit PNBP Sub Sektor Energi Mineral dan Batu Bara
  3. Mekanisme Evaluasi Dokumen AMDAL Pertambangan Di Daerah
  4. Penerapan PTK 007/Revisi 2 dan TKDN Sebagai Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Industri Hulu Migas Indonesia
  5. Pelaksanaan Kaidah Pertambangan Yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batu Bara
  6. Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara
  7. Tata Cara Monitoring Pertambangan dan Pengawasan Pertambangan
  8. Manajemen Pertambangan Rakyat Bagi Instansi Pemerintah sebagai wujud Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bertanggung jawab
  9. Strategi Pengembangan Wilayah Pertambangan Rakyat
  10. Penggunaan Program GIS (Sistem Informasi Geografis) pada Bidang Pertambangan Tata Cara Perhitungan Royalti Mineral dan Batu Bara
  11. Evaluasi Cadangan Bahan Galian
  12. Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017
  13. Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 2014 Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara
  14. Manajemen Pertambangan Rakyat Bagi Instansi Pemerintah sebagai wujud Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bertanggungjawab
  15. SCM dan Strategi Inventory Control and Warehousing

Lokasi Pelatihan Pertambangan

Pelaksanaan kegiatan pelatihan atau bimtek Pertambangan yang diadakan oleh PELNASINDO telah memiliki jadwal dan lokasi berlangsungnya kegiatan bimtek. Kegiatan tersebut terdapat di berbagai kota seperti Manado, Makassar, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Lombok. Jakarta, Bali, Medan, Bandung, Malang, Semarang, Palembang, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Demikian materi bidang Pertambangan yang diselenggarakan oleh PT. Pelatihan Nasional Indonesia (PELNASINDO). Terlampir jadwal bimtek/diklat Pertambangan tingkat nasional.

Scroll to Top